MAN 2 Kerinci


Diposting Pada: Kamis, 24 Oktober 2019
UPACARA PENSUCIAN CALON PENEGAK BANTARA MAN 2 KERINCI


UPACARA PENSUCIAN CALON PENEGAK BANTARA MAN 2 KERINCIPerjalanan seorang Cabara ( calon penegak bantara) untuk mencapai tingkatan Penegak Bantara melalui berbabagai prosesi berawal dari diterimanya sebagai tamu Ambalan yang disambut dengan upacara Penerimaan Tamu Ambalan yang sudah dilaksanakan bulan Juli yang telah lalu.. Dalam perjalanan ini adalah satu langkah penting menuju tahapan baru merupakan rangkaian perjalanan seorang Pramuka. Tak heran dalam menyambut kenaikan tingkat ini seorang Pramuka yang berstatus Calon penegak bantara di anjurkan menyucikan diri terlebih dahulu kegiatan yang mengandung unsur pendidikan dengan tujuan agar seorang cabara dalam kondisi bersih, suci lahir dan bathin memasuki jenjang tingkat Bantara yang didahului dengan kegiatan Uji Kemampuan yaitu Uji SKU( Syarat Kecakapan Umum).
Ritual Pensucian diri, ini dilakukan secara turun temurun atau secara terus menerus dalam organisasi Kepramukaan di MAN2 Kerinci adapun prosesi pensucian di Gudep 06.053-06.054 adalah SIRAMAN
Setiap cabara MAN 2 Kerinci melaksanakan pensucian dengan cara siraman yaitu menyiram atau menyapukan Air Bunga keseluruh Anggota Wudhu’ yaitu,Muka, dahi kedua tangan, kedua Telinga, dan kedua kaki.Dengan maksud agar cabara bersih secara spiritual dan berhati suci sebelum memasuki tingkat penegak bantara.

Makna Bunga pada acara pensucian ini adalah makna filosofis agar cabara,semua anggota Pramuka, dan keluarga besar MAN Kerinci senantiasa mendapatkan keharuman. Sehingga nantinya seorang cabara dapat bertutur dan berbicara hendaknya selalu mengandung ketulusan dari hati nurani yang paling dalam lahir dan bathin. Selalu sama, kompak , tidak munafik, dan tidak asal-asalan. Dan bermakna pula bahwa setiap orang yang melakukan kebaikan hendaknya melibatkan hati.

Selaku generasi penerus yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme seorang pramuka yang yang akan mendapatkan Posisi dan prestasi di jenjang penegak bantara seyogyanya mencontoh prilaku yang baik dan mengukir prestasi yang tinggi sehingga menjadikan dia sebagai seorang pramuka sejati.

 


87x
Dibaca

Berita Lainnya:

  1. Penyerahan Rapor Siswa MAN 2 Kerinci Sesuai Protokol Kesehatan 25x dibaca
  2. MAN 2 KERINCI ADAKAN SANLAT RAMADHAN 1440 H 153x dibaca
  3. Hari Kedua Ujian Madrasah Berbasis Komputer MAN 2 Kerinci Berlangsung Lancar dan sukses 111x dibaca
  4. MAN 2 KERINCI ADAKAN MATSAMA (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah) 156x dibaca
  5. Apel Disiplin MAN 2 Kerinci 31x dibaca

Halaman ini diakses pada 25-02-2021 06:32:59 wib
Diproses dalam waktu : 0.327 detik
Diakses dari ip address: 34.234.223.227
Copyright © 2018 Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi - Allright Reserved